Download soal OSN IPA SD/MA tingkat Kabupaten





OSN atau lebih dikenal dengan Olimpiade Sains Nasional adalah kegiatan untuk mengukur kemampuan siswa di bidang matapelajaran tertentu dengan standar nasional.
Soal OSN IPA SD/MA tingkat Kabupaten




1. Tika  dan  Bani,  melakukan  percobaan  menggunakan  20  pot  berisi  biji tanaman. Tujuan percobaan mereka adalah  untuk menguji pengaruh pupuk X terhadap  pertumbuhan  biji  tanaman.  Hasil  percobaan  adalah  10  pot  yang diberi pupuk X tumbuh lebih besar dari pada  10  pot yang tidak diberi pupuk X.  Pada percobaan Bani dan Tika ini yang menjadi kontrol adalah ….

A.  Biji tanaman
B.  Pot yang diberi pupuk X
C.  Pot yang tidak diberi pupuk X 
D.  20 pot berisi  biji tanaman
E.  20 pot berisi  biji tanaman yang tersinari matahari

2. Cream tabir surya digunakan oleh para wisatawan untuk melindungi kulit dari paparan radiasi matahari di daerah pantai. Radiasi matahari apakah yang dimaksud?

A.  Sinar tampak
B.  Sinar ultraviolet 
C.  Sinar  inframerah 
D.  Sinar X
E.  Gelombang mikro 

3. Hampir seluruh bagian tubuh manusia memiliki pembuluh darah dan urat syaraf. Bagian tubuh manusia yang tidak memiliki pembuluh darah dan urat syaraf adalah….

A.  Ginjal dan otak
B.  Usus halus dan ginjal
C.  Rambut dan kuku 
D.  Mata dan hidung 
E.  Tangan dan kaki


4. Salah satu bentuk bioteknologi modern adalah proses (....) yang digunakan sebagai metoda untuk memperbanyak  makhluk  hidup dengan karakteristik yang sama persis. Isian yang tepat untuk titik-titik di atas adalah....

A.  Bayi tabung
B.  Inseminasi buatan
C.  Kloning
D.  Okulasi
E.  Perkawinan silang

5. Pada  permainan  sepakbola,  bola  yang  ditendang  oleh  pemain  terkadang mempunyai  lintasan  yang  melengkung.  Manakah  pernyataan  dibawah  ini yang bukan merupakan sebab melengkungnya bola?

A.  Karena bola berputar
B.  Karena adanya gaya gravitasi
C.  Karena adanya  gaya gesekan antara bola dengan udara
D.  Karena ada gaya gesek antara bola dengan sepatu
E.  Karena perbedaan tekanan udara di sekitar bola



6.  Di suatu jumat,   Amin dan Budi sepakat untuk mengikuti sholat jumat di masjid yang sama. Masjid terletak di tengah antara rumah Amin dan Bandra. Jarak rumah Amin ke masjid adalah 360 m. Amin mulai berjalan kaki ke masjid dari rumahnya pada jam 11.00 pagi dengan kecepatan 1 m/detik. Budi berangkat menggunakan sepeda pada jam 11.05. Agar Budi sampai di masjid bersamaan dengan Amin, dengan kecepatan berapakah ia harus mengayuh sepedanya?

A.  2 m/detik 
B.  3 m/detik 
C.  4 m/detik 
D.  5 m/detik 
E.  6 m/detik 

7.Seorang insinyur membangun sebuah jembatan dengan struktur bangunan seperti gambar di samping. Bangunan tersebut terbuat dari besi. Pada kerangka bangunannya, insinyur tersebut melubangi rangka besi dengan diameter tertentu seperti ditunjukkan gambar di atas. Apa tujuan insinyur melubangi kerangka besi?

A.  Agar jembatan yang dibuat lebih kuat 
B.  Agar udara dapat mengalir dengan baik 
C.  Agar pemuaian tidak merusak jembatan 
D.  Agar desainnya menarik
E.  Agar terlihat lebih estetika

8. Seorang petani mempersiapkan lahan yang baik seperti pemberian pupuk dan unsur hara lainnya, sehingga tanah menjadi subur yang ditandai dengan warna hitam. Setelah penanaman bibit, pemberian pupuk dan air dilakukan dalam jangka waktu tertentu. Saat  masa panen tiba,  lahan yang dijadikan kebun cabai tersebut berubah menjadi merah dan kering. Apa yang menyebabkan keadaan ini?

A.  Unsur hara di tanah tersebut dimanfaatkan oleh cabai
B.  Unsur hara di tanah tersebut tergerus oleh air hujan 
C.  Unsur hara tersebut hilang karena panas matahari 
D.  Unsur hara tersebut mengendap di dalam tanah
E.  Unsur hara tersebut dimakan bakteri di dalam tanah 


9. Di Amerika ada musim salju, sedangkan di Indonesia tidak ada. Mengapa negeri-negeri di dunia memiliki iklim yang berbeda-beda?

A.  Karena perbedaan jenis tumbuhan yang ada
B.  Karena perbedaan luas lautan
C.  Karena perbedaan jenis tanah
D.  Karena perbedaan posisi cahaya bulan
E.  Karena perbedaan posisi cahaya matahari

10. Saat melihat kolam renang yang jernih, kita akan melihat seolah-olah kolam renang lebih dangkal daripada kedalaman sebenarnya. Mengapa hal ini bisa terjadi? 

A.  Cahaya   datang   dari   medium   berkerapatan   tinggi   ke   medium berkerapatan rendah akan dibiaskan mendekati garis normal.
B.  Cahaya   dari   dari   medium   berkerapatan   rendah   ke   medium berkerapatan tinggi akan dibiaskan menjauhi garis normal.
C.  Cahaya   datang   dari   medium   berkerapatan   tinggi   ke   medium berkerapatan rendah akan dibiaskan menjauhi garis normal.
D.  Cahaya   datang   dari   medium   berkerapatan   rendah   ke   medium berkerapatan tinggi akan dibiaskan mendekati garis normal.
E.  Cahaya   datang   dari   medium   berkerapatan   rendah   ke   medium berkerapatan tinggi akan dibiaskan sejajar dengan garis normal.

11. Di permukaan bumi, ketika kita melempar bola keatas maka sesaat kemudian bola tersebut akan kembali ketangan kita. Hal ini disebabkan adanya gaya gravitasi yang mempengaruhi bola tersebut. Manakah pernyataan dibawah ini yang  tidak benar sehubungan dengan gara gravitasi!

A.  Gaya gravitasi dapat menimbulkan energi gerak.
B.  Semakin  jauh jarak  benda dari bumi maka gaya gravitasi semakin besar.
C.  Semakin luas permukaan benda maka benda tersebut akan semakin lambat jatuh kebawah.
D.  Semakin  jauh jarak  benda dari bumi maka gaya gravitasi semakin kecil.
E.  Semakin berat benda maka benda tersebut akan semakin cepat jatuh kebawah.

12. Sumber listrik tenaga matahari sangat sesuai untuk diterapkan di Indonesia.

Hal ini karena:

A.  Indonesia terdiri dari banyak pulau

B.  Indonesia memiliki wilayah laut yang luas

C.  Indonesia terletak di garis khatulistiwa

D.  Indonesia memiliki iklim subtropis

E.  Jumlah penduduk Indonesia yang besar



13.  Angga memiliki 2  buah mobil-mobilan.yang didalamnya dipasang  magnet batang. Bagian depan   mobil sedan adalah kutub utara magnet, dan bagian belakang mobil jip adalah kutub utara magnet juga. Ketika mobil sedan dan mobil jip saling berhadapan dan kemudian didekatkan, apa yang akan terjadi?
A.  Kedua mobil akan saling menjauh 
B.  Mobil sedan akan belok ke kanan 
C.  Kedua mobil akan saling mendekat 
D.  Mobil jip akan belok ke kanan
E.  Mobil sedan akan belok ke kiri





Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Download soal OSN IPA SD/MA tingkat Kabupaten"

Posting Komentar